laporan DDST
FORMAT
PENGKAJIAN
DENVER DEVELOPMENTAL
SCREENING TEST II
STIKES WIRA
MEDIKA PPNI BALI
Nama
Mahasiswa : Ni Made Desy Pariani
NIM : 11.321.1146
Kelas : A5-C
1.
IDENTITAS ANAK
Nama : Luh Risma Yanti
Tanggal
lahir : Kuta, 11 Januari 2007
Jenis
kelamin : Perempuan
Agama : Hindu
Pendidikan :
TK
Alamat : Perumahan Puri Asam 32A,
Kuta Utara, Badung.
2.
IDENTITAS ORANG
TUA
Nama : Anom Widyasa
Jenis
kelamin : Laki-laki
Agama : Hindu
Pendidikan :
SMA
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Perumahan Puri Asam 32A,
Kuta Utara, Badung.
3.
RIWAYAT
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
a.
Personal
sosial/kemandirian bergaul
Sesuai pengamatan saat DDST, anak mampu
bersosialisasi dan berinteraksi dengan baik pada lingkungannya. Anak mampu
mengenali teman dan memanggil nama temannya. Sosialisasi dengan orang baru pun
dilakukan anak dengan cepat dan baik, meski awalnya malu-malu.
b.
Motorik Halus
Anak sudah mampu melakukan aktivitas
menulis beberapa kata dan namanya sendiri dengan benar. Kemampuan menggambar,
pengenalan serta pemilihan warna pun sangat baik, dari pengamatan yang
dilakukan saat penggambilan data DDST.
c.
Bahasa
Melalui observasi saat DDST, didapatkan
hasil anak telah mammpu berbicara serta berkomunikasi dengan baik, hal itu dapat dilihat dari cara
anak mengungkapkan keinginan, bertanya, memahami dan melakukan tindakan sesuai
intruksi, serta bersosialisasi dengan bahasa Bali dan bahasa Indonesia yang
dapat dimengerti.
d.
Motorik Kasar
Sesuai data observasi saat DDST, anak
telah mampu melakukan aktivitas dan bergerak secara mandiri sesuai dengan
perkembangan umurnya. Kemapuan tersebut terlihat ketika berdiri, ia mampu
berdiri dengan sikap sempurna dan tanpa bantuan, anak mampu berjalan lurus
serta mengiti intruksi untuk berdiri serta berjalan.
4.
PENGHITUNGAN
UMUR
Tanggal test : 2012 - 5 - 4
Tanggal lahir : 2007 - 1 - 11
5 - 3 - 23
Umur anak : 5 tahun 3 bulan 23 hari = 5 tahun 4 bulan
5.
PELAKSANAAN TEST
DDST II
SEKTOR
|
RESPON ANAK
|
KESIMPULAN
|
Personal social
|
· Anak dapat mengambil
makanan sendiri
· Anak dapat
melakukan gosok gigi sendiri
· Bermain
permainan kartu
|
Anak dalam batas normal dan tidak
mengalami keterlambatan personal sosial.
|
Motorik halus
|
· Anak dapat
mencontoh menggambar kotak
· Anak hanya dapat menggambar orang 6 bagian
· Mencontoh
bentuk dengan petunjuk
· Memilih garis
yang lebih panjang
|
Anak dalam batas normal dan tidak
mengalami keterlambatan motorik halus.
|
Bahasa
|
· Anak dapat mengartikan 6 kata dari 8 kata
· Anak dapat
menyebutkan 2 kata yang berlawanan
· Anak dapat
menghitung 5 kubus
· Anak dapat
mengerti 3 kata sifat
· Anak dapat
menyebutkan 4 warna
· Anak dapat
menyebutkan 4 kata depan
|
Anak dalam batas normal dan tidak
mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasanya
|
Motorik kasar
|
· Anak dapat
berdiri dengan 1 kaki dalam waktu 3, 4, dan 6 detik
· Anak tidak
dapat berjalan lurus dengan tumit di depan jari
|
Anak dalam batas normal dan tidak
mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik kasar
|
6.
INTERPRETASI
HASIL TEST DARI DDST II
Anak
mampu melakukukan semua item penilaian yang sudah serharusnya dapat dilakukan
anak sesuai dengan umurnya dan ia mendapat nilai lebih karena telah mampu
melakukan item yang seharusnya dikuasai oleh anak yang lebih tua dari umurnya
dengan baik.
7.
KESIMPULAN DARI
KEEMPAT SEKTOR
Anak
dapat melakukan semua item yang seharunya ia lakukan sesuai usianya, maka dapat
disimpulkan anak memiliki perkembangan normal.
8.
SARAN KEPADA
ORANG TUA/PENGASUH
Anak
sudah mengalami perkembangan yang normal, mampu melakukan aktivitas sesuai
dengan umurnya. Perkembangan anak yang telah dikatakatan normal ini tentunya
perlu mendapat respon yang lebih dari orang tua atau pun pengasuh karena di
masa perkembangan ini anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cepat meniru
perkataan dan prilaku di sekitarnya. Peran motivator, fasilitator serta
pembimbing dari orang tua sangat diperlukan, maka dari itu diharapkan kepada
orang tua untuk selalu memantau perkembangan anak. Peran tersebut dapat di terapakan dalam beberapa item yang belum
mereka pahami seperti : mengajarkan beberapa kata sifat yang belum mereka
ketahui melakukan
aktivitas yang dapt menstimulus anakseperti membacakan cerita atau dongeng,
bermain permainan yang memaknai kerjasama, ketepatan serta intelegensi.
LAPORAN
DENVER DEVELOPMENTAL SCREENING TEST (DDST) II PADA ANAK (D.S.V.C)
DENVER DEVELOPMENTAL SCREENING TEST (DDST) II PADA ANAK (D.S.V.C)
DI TK FAJAR HARAPAN TIBU
BENENG
TANGGAL 04/05/2012
OLEH :
NAMA
: NI
MADE DESY PARIANI
NIM
:
11.321.1146
KELAS : A5-C
PROGRAM
STUDI ILMU KEPERAWATAN
STIKES
WIRA MEDIKA
2012
Komentar
Posting Komentar