laporan DDST


FORMAT PENGKAJIAN
DENVER DEVELOPMENTAL SCREENING TEST II
STIKES WIRA MEDIKA PPNI BALI


Nama Mahasiswa        : Ni Made Desy Pariani
NIM                            : 11.321.1146
Kelas                           : A5-C

1.      IDENTITAS ANAK
Nama                     : Luh Risma Yanti
Tanggal lahir         : Kuta, 11 Januari 2007
Jenis kelamin         : Perempuan
Agama                   : Hindu
Pendidikan                        : TK
Alamat                  : Perumahan Puri Asam 32A, Kuta Utara, Badung.

2.      IDENTITAS ORANG TUA
Nama                     : Anom Widyasa
Jenis kelamin         : Laki-laki
Agama                   : Hindu
Pendidikan                        : SMA
Pekerjaan               : Wiraswasta
Alamat                  : Perumahan Puri Asam 32A, Kuta Utara, Badung.



3.      RIWAYAT PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
a.      Personal sosial/kemandirian bergaul
Sesuai pengamatan saat DDST, anak mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan baik pada lingkungannya. Anak mampu mengenali teman dan memanggil nama temannya. Sosialisasi dengan orang baru pun dilakukan anak dengan cepat dan baik, meski awalnya malu-malu.

b.      Motorik Halus
Anak sudah mampu melakukan aktivitas menulis beberapa kata dan namanya sendiri dengan benar. Kemampuan menggambar, pengenalan serta pemilihan warna pun sangat baik, dari pengamatan yang dilakukan saat penggambilan data DDST.

c.       Bahasa
Melalui observasi saat DDST, didapatkan hasil anak telah mammpu berbicara serta berkomunikasi  dengan baik, hal itu dapat dilihat dari cara anak mengungkapkan keinginan, bertanya, memahami dan melakukan tindakan sesuai intruksi, serta bersosialisasi dengan bahasa Bali dan bahasa Indonesia yang dapat dimengerti.

d.      Motorik Kasar
Sesuai data observasi saat DDST, anak telah mampu melakukan aktivitas dan bergerak secara mandiri sesuai dengan perkembangan umurnya. Kemapuan tersebut terlihat ketika berdiri, ia mampu berdiri dengan sikap sempurna dan tanpa bantuan, anak mampu berjalan lurus serta mengiti intruksi untuk berdiri serta berjalan.



4.      PENGHITUNGAN UMUR
Tanggal test     : 2012 - 5 - 4
Tanggal lahir   : 2007 - 1 - 11
                                5 - 3 - 23
Umur anak      : 5 tahun 3 bulan 23 hari   =   5 tahun 4 bulan



5.      PELAKSANAAN TEST DDST II
SEKTOR
RESPON ANAK
KESIMPULAN
Personal social
·      Anak dapat mengambil makanan sendiri
·      Anak dapat melakukan gosok gigi sendiri
·      Bermain permainan kartu

Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan personal sosial.
Motorik halus
·      Anak dapat mencontoh menggambar kotak
·      Anak hanya dapat menggambar orang 6 bagian
·      Mencontoh bentuk dengan petunjuk
·      Memilih garis yang lebih panjang
Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan motorik halus.
Bahasa
·      Anak  dapat mengartikan 6 kata dari 8 kata
·      Anak dapat menyebutkan 2 kata yang berlawanan
·      Anak dapat menghitung 5 kubus
·      Anak dapat mengerti 3 kata sifat
·      Anak dapat menyebutkan 4 warna
·      Anak dapat menyebutkan 4 kata depan
Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasanya
Motorik kasar
·      Anak dapat berdiri dengan 1 kaki dalam waktu 3, 4, dan 6 detik
·      Anak tidak dapat berjalan lurus dengan tumit di depan jari


Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik kasar






6.      INTERPRETASI HASIL TEST DARI DDST II
Anak mampu melakukukan semua item penilaian yang sudah serharusnya dapat dilakukan anak sesuai dengan umurnya dan ia mendapat nilai lebih karena telah mampu melakukan item yang seharusnya dikuasai oleh anak yang lebih tua dari umurnya dengan baik.

7.      KESIMPULAN DARI KEEMPAT SEKTOR
Anak dapat melakukan semua item yang seharunya ia lakukan sesuai usianya, maka dapat disimpulkan anak memiliki perkembangan normal.

8.      SARAN KEPADA ORANG TUA/PENGASUH
Anak sudah mengalami perkembangan yang normal, mampu melakukan aktivitas sesuai dengan umurnya. Perkembangan anak yang telah dikatakatan normal ini tentunya perlu mendapat respon yang lebih dari orang tua atau pun pengasuh karena di masa perkembangan ini anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cepat meniru perkataan dan prilaku di sekitarnya. Peran motivator, fasilitator serta pembimbing dari orang tua sangat diperlukan, maka dari itu diharapkan kepada orang tua untuk selalu memantau perkembangan anak. Peran tersebut dapat  di terapakan dalam beberapa item yang belum mereka pahami seperti : mengajarkan beberapa kata sifat yang belum mereka ketahui melakukan aktivitas yang dapt menstimulus anakseperti membacakan cerita atau dongeng, bermain permainan yang memaknai kerjasama, ketepatan serta intelegensi.











LAPORAN
DENVER DEVELOPMENTAL SCREENING TEST (DDST) II PADA ANAK (D.S.V.C)

DI TK FAJAR HARAPAN TIBU BENENG
 TANGGAL 04/05/2012



OLEH :

NAMA        :        NI MADE DESY PARIANI 
NIM           :        11.321.1146
KELAS      :        A5-C


PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
STIKES WIRA MEDIKA
2012


Komentar

Postingan Populer